Rabu, 12 Maret 2008

FLATTENING THE WORLD WITH FREE SOFTWARE MOVEMENT (part 3)

Blog

Berbicara tentang blog, sudah merupakan hal yang biasa di masyarakat saat ini. Yap! Blog memang begitu populer dan berkembang dengan pesat. Karena dengan blog setiap orang dapat menyuarakan opininya dan dapat diakses orang lain. Bahkan orang lain dapat meninggalkan komentar atas tulisan yang dibuat pada blog, dan komentar tersebut dapat ditanggapi balik oleh si pembuat blog sehingga bisa disimpulkan bahwa blog merupakan ruang diskusi. “Bermain” di dunia blog biasa disebut dengan blogging, atau di Indonesia dikenal dengan istilah ngeblog. Blogging sendiri dilakukan hampir setiap waktu untuk mempertahankan eksistensi dari blog yang telah dibuat.

Sebenarnya bagaimana blog bisa tercipta? Hal ini dikarenakan adanya perkembangan free software movement. Blog menggunakan gagasan yang sama dengan program free software lainnya, namun tidak membutuhkan proses penginstalan dan komputer yang digunakan juga harus terhubung dengan internet.

Apa itu blog? Blog merupakan website milik personal atau suatu komunitas yang isinya adalah tulisan-tulisan mengenai suatu hal yang menarik bagi si pembuat blog. Pembuatan blog sangat mudah karena terdapat panduan di situs yang menyediakan aplikasi blog. Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam, dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan.

Friendster, sebagai salah satu situs relationship kita dengan orang lain, menyediakan aplikasi blog untuk para anggota situs. Karena menggunakan konektivitas dengan email para anggota situs, jika ada anggota situs yang baru membuat atau meng-update blog, akan ada pemberitahuan melalui email atau di situs friendster itu sendiri kepada para anggota lain bahwa blog yang telah dibuat dapat dikunjungi. Selain friendster, juga terdapat situs lain yang memang khusus menyediakan aplikasi blog dengan servis yang lebih kompleks, contohnya adalah situs www.blogger.com milik google.com –sebelumnya milik PyraLab- dan www.wordpress.com. Blogger.com merupakan situs yang memelopori aplikasi blog. Hanya dengan mengikuti langkah-langkah yang terdapat pada situs tersebut kita dapat membuat blog tanpa dikenakan biaya. Dalam pembuatan blog, kita harus sudah memiliki email terlebih dahulu agar pihak situs penyedia aplikasi blog dapat menghubungi kita jika terjadi sesuatu. Selain itu, situs penyedia aplikasi blog memberikan lisensi bagi siapa saja untuk membuat blog secara gratis, namun dengan kontrak perjanjian yang harus disetujui. Biasanya kontrak perjanjian tersebut berupa kesediaan si pembuat blog agar blognya dapat diakses, dicopy-paste, atau dikomentari oleh orang lain. Artinya blog tersebut bersifat interaktif. Situs web itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Selain itu, juga ada perjanjian kesediaan si pembuat blog agar pada blognya terdapat iklan yang diisi oleh situs penyedia blog tersebut, sehingga blog yang dibuat dapat terhubung link situs lain yang berhubungan dengan iklan yang dimuat. Tapi ada juga blog yang bersifat non-interaktif atau hanya dapat dikomentari oleh orang-orang tertentu saja, misalkan yang tergabung dalam satu komunitas. Itu semua tergantung dari bagaimana kontrak perjanjian antara si pembuat blog dengan situs penyedia aplikasi blog, dan bagaimana si pembuat blog mengatur setting blognya.

Tampilan pada blog atau biasa disebut template dapat di-setting sesuai dengan selera si pembuat blog. Saat ini ada banyak sekali software, tool, dan aplikasi internet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya.

Blog bisa menjadi sumber informasi bagi para hacker untuk mencuri informasi. Hal ini disebabkan oleh sifat blog yang terbuka untuk umum dalam hal pemberian informasi. Selain itu, tulisan-tulisan yang dimuat pada blog merupakan subjektivitas penulisnya –tapi bisa juga objektif tergantung dari penulisnya-. Hal ini bisa menimbulkan konflik karena tidak semua orang pro terhadap pandangan yang terdapat pada tulisan yang dimuat. Inilah risiko dari pembuatan blog.

Tidak ada komentar: